23 April 2009

MEMAHAMI DAN DIPAHAMI

Ada seorang guru SD kelas satu keluar kelas dengan membanting pintu sambil menangis. Kepala sekolah tahu hal itu dan bertanya kepadanya, “ada apa bu?” (dengan gaya santai tapi serius). “anak-anak sulit sekali dikendalikan pak” jawab guru.
Dalam hal ini, guru minta untuk dipahami oleh murid-muridnya yang masih duduk di kelas 1 SD. Layakkah guru minta dipahami anak usia SD kelas 1?.
Di sore hari seorang anak putri mandi dengan sendirinya dan berdandan rapi, selanjutnya ambil sepeda untuk jalan-jalan sore. Sang ibu melarangnya, Seorang suami tahu tentang hal itu, bertanya pada sang ibu, “lantas mau disuruh apa? Toh ibu sedang sibuk masak nyiapkan makan malam.” tentunya hal ini disampaikan tanpa sepengetahuan anak tersebut. Ibu minta dipahami oleh anak?.
Di dunia kerja, seseorang yang menjadi trouble maker adalah orang yang selalu minta dipahami orang lain.
BAGAIMANA CARA AGAR KITA MUDAH MEMAHAMI ORANG LAIN?
Orang tua yang mau berusaha untuk mempelajari perkembangan anak, perkembangan fisik, perkembangan psikologi, perkembangan sosialnya itu adalah dalam rangka berusaha untuk memahami anak.
Guru yang berusaha untuk mempelajari berbagaima macam strategi pembelajaran, perkembangan anak didik itu juga merupakan usaha untuk memahami siswanya.
Sang suami atau istri jika ingin mudah dalam memahami psangan hidup maka pelajarilah tentang mereka.
Orang yang mudah memahami diri sendiri akan mudah pula untuk menempatkan diri dihadapan orang lain, maka orang mudah memahami dan mengenali diri sendiri diapun akan mudah memahami orang lain. Kecerdasan intrapersonal dan interpersonal tidak dapat dipisahkan. Jika seseorang memiliki intrapersonal yang baik, maka interpersonalnyapun akan baik.
Orang akan mudah memahami orang lain jika dalam dirinya tumbuh spiritual yang tinggi, semakin dekat dengan Allah semakin mudah pula memahami orang lain. Jika hubungan dengan Allah baik, maka baik pula hubungan dengan manusia.
Dua orang dosen sempat mengeluh tentang kesulitanya mengelola para doctor, terlebih jika doctor tersebut baru pulang dari luar negeri. Tambahnya ilmu yang tidak diimbangi dengan tumbuhnya spiritual, maka akan menghambat seseorang untuk memahami orang lain. Keseimbangan antara ilmu dan spiritual menjadikan orang mudah memahami orang lain.
Tidak jarang kita jumpai seorang boss yang sering marah-marah dihadapan anak buahnya, itu hanyalah karena mereka ingin dipahami oleh anak buahnya. Demikian pula anak buah yang suka ngambek/mutung itu hanyalah ia menuntut untuk dipahami.
Marilah kita selalu berusaha untuk memahami dan hindarkan diri kita dari minta dipahami.

1 komentar:

  1. alhamdulillah bos saya tidak suka marah-marah berarti tidak minta dipahami :)

    BalasHapus