20 April 2009

Anak Disiplin Tanpa 3M (Marah, Menyuruh dan Melarang)

Menjadi impian para orang tua dan guru untuk melihat anak didik kita disiplin tanpa harus kita marah, menyuruh dan melarangnya. Mereka berdisiplin atas dasar kesadaran mereka sendiri, sementara kita sebagai pendidik (tim pendidik) hanya cukup dengan mengatur strategi-strategi tertentu aja untuk mengoptimalkan potensi yang ada pada diri peserta didik kita.
Kalau kita cermati Allah memberikan ancaman, larangan, dan perintah itu hanya untuk orang yang sudah baligh dan sehat jiwanya, sementara untuk anak usia belum baligh berlum diberlakukan apapun, kalau dia baik berarti kebaikan itu bagi orang tua atau pendidiknya, kalau dia berbuat salah, maka kesalahan itu adalah kesalahan orang tua atau pendidikanya. Hal ini kalau kita kaitkan dengan hasil-hasil penelitian tentang perkembangan otak, maka pada usia 0 tahun sampai 18 tahun adalah masa dimana otak berkembang dengan pesatnya untuk menemukan konsep dan mengaitkan antar konsep, maka jika pada masa perkembangan tersebut ada marah maka sel otak yang siap untuk mengaitkan atau membentuk konsep baru terhenti, kalau disuruh maka sel otak akan berada pada satu jalur saja yang seharusnya dia bisa bercabang kemana-mana, dan jika dilarang sel otak akan berhenti atau lambat bergerak.
Lantas bagaimana strategi menegakkan disiplin dengan tetap menghindari 3M (Marah, Menyuruh dan Melarang) ?, ikuti artikel berikutnya! sebelumnya coba dulu deh dengan cara Anda apapun yang terjadi usahalah untuk lakukan itu! berikan komentar Anda tentang artikel ini.

5 komentar:

  1. sdalirsyadpekalongan@yahoo.comKamis, 23 April, 2009

    gimana ya? kalau menghindari marah sepertinya bisa. untuk meghindari menyuruh&melarang ... gimana caranya?? kalau kita minta anak mengerjakan PR kan termasuk menyuruh.. melarang anak berbuat sesuatu hal yang buruk juga tidak boleh?? jadi bingung nih..

    BalasHapus
  2. sdalirsyadpekalongan@yahoo.comSabtu, 25 April, 2009

    anak disiplin tanpa 3M mungkin dapat dilakukan dengan : Teladan, beri penghargaan jika mereka benar,kasih sayang,tunjukkan sikap positif, ajak anak bermain bersama,beri peringatan,tetap tenang,beri peraturan dan konsisten,berikan anak pilihan dan beri kesempatan anak beragumentasi,tatap matanya,lakukan kontak tubuh, minta tolong,ajak anak kerja bersama. kira2 dari trik di atas adakah yang benar?

    BalasHapus
  3. Tunjukkan manfaat mengerjakan PR hingga anak sadar akan kebutuhannya untuk mengerjakan PR. itu bukan hal yang mudah, tetapi jika itu yang kita lakukan, maka hsilnya adalah kemandirian anak itu insya Allah yang kita dapatkan dan merupakan harapan kita.

    BalasHapus
  4. ust. minta trik pelaksanaan 3M

    BalasHapus
  5. ana mau minta trik dan Tips 3M by abi thalhah LP3AP

    BalasHapus